SOCIAL MEDIA

Monday, June 24, 2019

My Skincare Routine - Ampuh Hilangkan Bruntusan

Halo, Manis!
Akhir akhir ini, kulit saya kembali bermasalah. Masalah klasik yang terjadi di kulit saya adalah jerawat batu, jerawat radang, dan bruntusan. Ugh males banget rasanya kalau semua keluar bebarengan begini.
Pernah suatu hari, dimana kulit saya sedang breakout parah. Bruntusan di seluruh kening. Jerawat dan komedo disekitar hidung sudah kempis, tapi meninggalkan luka hitam yang sangat vivid. Hari itu, saya mengajak Baby Z jalan jalan sambil makan ke restoran hotel tempat suami saya bekerja. Disana seperti biasa baby Z jadi primadona anak-anak staff. Mereka ngemong dan nduwil nduwil pipi baby Z. Hingga ada satu staff menghampiri saya menawarkan bantuannya, "Bu, Zian nya sama kita kita aja ya. Ibunya boleh santai dulu, mandi  yang jongjon. Ntar Zian kita asuh.”




Hm. Saya dikira belum mandi. Padahal saya sudah mandi, bedakan, dan lipstikan. Gimana gak nyess? Baik si niat nya, tapi ya... ada pertanyaan yang muncul di pikiran saya.
Aku sekucel itu, kah?
Well, pas balik ke kamar dan ngecek di kaca sih. IYA.
Hahaha…ncur hatiku,
Ditengah kebingungan dan kegalauan saya, saya mampir ke blog Kak Arum Racun Warna Warni. Disitu, dia bilang begini intinya, kalau kulit mau bagus, benerin dulu skincare stepnya. Step yang krusial, simpel, dan efektif itu CTMP. Yang dimana merupakan kependekan dari Cleanse, Toning, Moisturuzing, dan Protecting.

Baca Juga: Basic Skincare: CTMP oleh Sekar Arum

Nah disitu saya sadar. Saya kerap kali menyepelekan semuanya. Hahahahaaa.. karena yang namanya jadi new mom ya, mandi dan bebersih ya seadanya. Dari situ, pelan pelan saya mulai berbenah.

Setelah itu saya langsung instrospeksi dan berpikir, kasian banget ya kulit saya jarang keurus, sampai sampai masih dikira belum mandi! Hahaha... langsung deh saya minta anter papi Thanos ke giant. Buat apa?  Beli skincare laaah..

Yang mure mure aja, kaga usa koKoreaan. Skincare di bawah ini semua InshaAllah gampang banget nyarinya. Karena saya emang males ikut PO PO, pengennya yang cepat dan gampang carinya saja.

Ya udah, cuss yuk ke produk pertama yang saya pakai di tahap skincare rutin ini.

Cleansing 

Untuk step cleansing, ada 5 produk yang saya pakai. Hihihi, banyak ya. Tapi ini menurut saya ini krusial banget. Karena membersihkan wajah itu ga boleh main main. Kalau wajah masih kotor, sudah ditimpa produk selanjutnya. Alamak, ga usah heran kalau kalau 1.) produk yang kita pakai gak bekerja efektif, 2.) Malah timbul masalah baru. Jadi untuk step ini, saya pastikan untuk benar benar membersihkan wajah.

Revlon The Remover

Saya mendapatkan produk ini dari hadiah voucher beauty battle yang saya menangkan jadi Juara 2. Pamer boleh lah ya J
Ini enak sih untuk membersihkan riasan mata dan bibir. Ada 2 lapisan produknya. Produknya berwarna bening, jadi harus diliat bener bener baru ngeh ada 2 jenis cairan di dalamnya. Makanya, cara pakainta harus dikocok dulu, baru dituang di kapas. Lalu tempel di bagian mata/bibir 10 detik, trus usek usek deh. Oya usek useknya jangan gragas ya. Lembut saja dalam satu arah.
Harga : Rp 65.000

Sari Ayu Cleansing Milk Mawar
Saya beli ini awalnya iseng karena dulu saya suka air mawarnya yang wanginya jadul tapi enak. Eh, tapi malah jadi suka. Milk cleanser ini dapat meluruhkan makeup saya. Sambil di pijat pijat sedikit enak deh. Biasanya, saya suka menghabiskan 2 setengah kapas untuk menghapus riasan wajah full makeup ya. Kalau gak pakai foundation paling hanya 1 kapas. Habis itu lanjut ke step berikutnya.
Harga : Rp 12.000,00

Garnier Micellar Water

Nah setelah pakai cleansing milk, saya lanjut pakai micellar water. Karena pasti  masih ada sisa makeuo yang tertinggal. Pakainya ya biasa aja. Tuang ke kapas, oles oles sampai di kapasnya itu tidak ada residu makeup lalu boleh lanjut ke step berikutnya.
Harga : Rp 26.000,00

Hada Labo Tamagohada AHA BHA Facial Wash
Face wash ini saya pakai kalau saya habis menggunakan heavy full makeup dan juga saya pakai stiap malam saja sebelum tidur. Karena ada AHA BHA nya, face wash ini bisa juga menjadi exfoliating ya. Sekali dayung, dua pulau terlampaui, kaan?
Saya suka pakai ini karena lembut banget. Ada bau chemical nya sedikit, gak begitu ganggu. Saya rasa setelah pakai ini, bruntusan lumayan kalem ya. Dan kulit wajah jadi lebih halus. Ini saya nobatkan sebagai holy grail face wash si. Karena dia punya dua fungsi, sebagai face wash dan eksfoliasi juga. 
Harga : Rp. 40.000,00

Clean & Clear Foaming Face Wash
Ini produk skin regime saya dari jaman sekolah dulu. Saya pakai ini untuk penggunaaan di pagi hari. Busanya lembut di kulit dan ga bikin kulit wajah terasa ditarik. My all time favorite deh.
Harga : Rp. 10.000,00


Toning

Seusai membersihkan wajah, saya langsung lanjut menggunakan toner. Untuk toner, saya pakai 2 macam. Ada

Sari Ayu Refreshing Toner Mawar

Ini saya pakai untuk meringkas pori setelah mencuci muka. Tekstur nya cair dan ada wangi wangi mawar yang saya suka. Cara pakainya tuang ke kapas dan oles di muka.

Yang saya rasakan ketika memakai ini, wajah jadi kembali segar setelah di proses sebelumnya wajah kita di giles abis abisan untuk dibersihkan.

Harga : Rp. 12.000,00


Hada Labo Gokyujun Ultimate Whitening Lotion

Menurut saya, step ini sih yang paling berpengaruh ke mengecil nya bruntusan saya. Soalnya, sebelum pakai ini (dan Hada Labo Face Washnya), bruntusan saya galak banget dan juga dia cepat menyebarnya. Setelah pakai ini agak lebih tenang dan kalem lah.
Teksturnya cair sedikit kental, dan warnanya bening. Yang saya rasakan pakai itu ada lengket tapi sedikiiit banget dan itupun gak ganggu sama sekali. Malah saya suka dengan hasilnya. Kulit jadi bouncy membal dan juga tekstur kulit jadi halus.

Saya pakai toner ini dengan cara seven skin method.

Harga : Rp. 44.000,00


Moisturizing
Untuk step moisturizing, saya punya tiga produk. Dan tiga-tiga nya kepake banget sih.



Revlon Moon Drops Teal Protecting Base
Saya heran kok moisturizing ini jarang sekali diomongin ya? Padahal ini produk kece banget lho ya. Moisturizer berwarna hijau ini dapat menyamarkan kemerahan akibat jerawat di wajah saya. Selain itu, teksturnya yang cair sangat mudah di ratakan.

Menurut kak Ella, official MUA Revlon, moisturizer ini bisa dipakai sendirian, atau dijadikan base sebelum menggunakan foundation. Saya suka pakai ini sendirian, maupun sebagai base sebelum menggunakan foundation. Tanpa menggunakan primer, hanya moisturizer ini saja, makeup saya terasa lebih menyatu menempel di kulit. Selain itu, makeup saya pun jadi tahan lama. Suka banget deh pokoknya. Ini kalau habis bakal saya terus repurchase. Sayangnya, moisturizer ini belum ber SPF. Jadi harus tetap pakai tabir surya, yah!

Harga : Sekitar Rp 100.000,00 untuk 65 ml


Pond’s Age Miracle Day Cream Ultimate Youthful Glow  &  Night Cream Wrinkle Corrector
Karena saya sudah uzur dan sudah mulai terlihat smile lines di area bibir, hiks, patutlah pakai skincare anti aging. Untuk moisturizer anti aging, saya pilih Pond's Age Miracle. Alasan nya, mudah didapat dimana-mana, dan juga untuk kelas anti aging, line Age Miracle ini cukup affordable lah ya.

Kalau siang saya pakai krim siang nya yang seri Ultimate Youthful Glow. Kalau malam pakai yang seri Wrinkle Corrector. Untuk krim siangnya yang Ultimate Youthful Glow, ini bagus beneran sih. Teksturnya creamy, agak kental, namun dapat dengan mudah dibaurkan. Ada aroma aroma sedikit, tapi tidak ketara banget baunya dan tidak ganggu. Hasil dari krim siang ini bikin kulit wajah terlihat becek sehat glowing. Saya senang sekali dengan finish nya. Walaupun jika ditimpa bedak, akan hilang efek glowingnya.

Harga : Rp 33.000,00 untuk jar kecil


Protecting

Skin Aqua UV Moisture Milk


Terakhir, untuk step protecting, saya hanya pakai satu produk. Yaitu Skin Aqua UV Moisture Milk. Sunscreen ini memiliki tekstur cair dan berwarna putih susu. Ya, bisa ketebak lah ya dari namanya saja ada kata 'milk' nya. Saya pakai sebanyak satu sendok teh setelah memakai moisturizer. Saya sempat ragu karena 'kok teksturnya cair banget si, ngganggu moisturizer dibawahnya gak ya?'. Ternyata keraguan saya tidak menjadi kenyataan teman-teman. Sunscreen ini tetap menempel dengan baik di atas moisturizer Pond's saya yang lebih kental dari sunscreen ini. Saya pakainya cuman oles-oles doang ya, tidak di gosok-gosok dengan keras. Lalu, tunggu hingga produk selesai meresap... sudah deh selesai ritual skincarean nya. :)

Harga : Rp 40.000,00 an di Shopee


·          
Gimana? Cukup ribet dan panjang ya? Kelihatannya sih iya, tapi ketika dijalani, semua step itu tidak membutuhkan waktu yang lama lho. Saya pikir sepadan kok dengan hasil yang saya rasakan setelah rutin dan telaten memakai rangkaian skincare itu semua. Bruntusan saya, kalau tidak hilang ya agak kalem keluarnya. Walaupun saya tidak memasukan skincare khusus kulit berjerawat, jerawat jadi cepat kempis. Kece, kan? Ditambah tekstur kulit wajah jadi lebih halus dan kulit jadi terlihat lebih sehat dan cerah. Yang paling saya suka, makeup jadi lebih menempel dan tahan lama.

Thank God.

Saya merasa beruntung karena membaca blogpost dari kak Sekar Arum perihal CTMP ini. Kalau enggak, pasti saya masih dikira belum mandi sama anak buah.

Hadeh.

No comments :

Post a Comment