SOCIAL MEDIA

Friday, February 26, 2016

Tips: Ketika Wajah Berjerawat...



Halo semua! Daramang *sehat?

Kali ini Lulu mau ngebahas tentang perawatan kulit berjerawat nih. Awalnya gak pernah kepikiran di kepala Lulu untuk nulis beginian, soalnya kulit Lulu juga mood nya musiman, kadang bersih, kadang timbul komedo sampai ke kening, juga muncul satu jerawat besar sampai merah. Pokoknya malu lah kalau lagi jerawatan. Nah, kalau kulit Lulu lagi jerawatan bermasalah begitu, biasanya Lulu balik lagi buka-buka cabinet khusus skincare. Ada apa sajakah disitu?

Tapi sebelumnya, jerawat itu apa sih?


 Menurut website Alodokter, jerawat adalah ‘masalah kulit yang dialami sebagian besar orang dan biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik di beberapa bagian tubuh seperti wajah, punggung, dan dada.

Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka.

Wait, nanah?

Iya nanah! Coba deh kalian pencet jerawat kalau udah mateng(ditandai adanya bintik putih dan jerawat udah mulai keras,  itu kalau dipencet akan keluar cairan kuning, atau benda mirip-mirip sama biji beras. Mungkin itu namanya nanah? Eh, atau itu cuman lemak biasa?
Iyuuuh. Gross.

Terus apa penyebab jerawat?

Menurut website Alodokter (lagi, iya Lulu males buka bolak-balik tab, di web ini semua infonya sudah tersedia lengkap) jerawat disebabkan oleh faktor:
Hormon.

Biasanya terjadi pada anak-anak remaja yang baru puber. Adanya perubahan hormon ini mempengaruhi kalenjar minyak/sebum. Jadi ketika masa puber, produksi minyak meningkat. Lalu, si sebum ini bergabung dengan sel kulit mati (kalau gak tau sel kulit mati itu apaan, cek deh kata daki). Ujung-ujungnya pori-pori akan tersumbat dan diiringi dengan, dosa ,bertumbuhnya bakteri penyebab jerawat bernama Propionobacterium acnes.
 
Selain itu, menurut Lulu jika kita tidak memperhatikan kebersihan wajah kita, jerawat juga bakal tumbuh di kulit kita. Walaupun masa masa puber yang golden age itu sudah lewat. Mengapa? Ya iya lah, kalau muka tidak di bersihkan at least pakai sabun wajah, lah darimana si sebum itu bakal keluar? Yang ada semakin mengendap di kulit wajah kita.

Okay, enough. Sekarang, gimana masalahnya kalau jerawat sudah kadung datang?

JRENG JRENG JREEEENG!

Ada beberapa tahapan untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalisir jerawat yang tumbuh. Tahap pertama adalah cleansing, tahap kedua treatment, dan tahap ketiga ini bisa dilakukan semingu dua-tiga kali.

A.      Cleansing
Udah baca kan diatas kalau salah satu penyebab kulit kita timbul jerawat atau komedo itu karena pori-pori tertutup. Nah, apa yang menyebabkan pori-pori tertutup? Penyebabnya adalah karena pembersihan wajah yang kurang maksimal. Jadinya, sisa sisa makeup (kalau kalian pakai makeup) bercampur debu yang terakumulasi seharian tidak terangkat maksimal dan menutupi pori dan menyebabkan iritasi. Lalu, Timbullah jerawat!

Nah, maka dari itu, mulai sekarang proses pembersihan wajah janganlah dianggap enteng. Biasanya Lulu menggunakan tiga produk saja untuk membersihkan wajah. Pertama menggunakan facial wash dari Acnes, lalu menggunakan Pixy Acne Toner, kemudian ditutup oleh Wardah Pore Tightening Toner. Lho, kok ribet banget ya? Menurut Lulu enggak kok, malah proses membersihkan wajah adalah hal yang ditunggu-tunggu karena kita bisa pijat pijat manja begitu.. akh nikmatnya~~

1.       Acnes Creamy Facial Wash




2.       Pixy Toner Acne Skin 


3.       Wardah Pore Tightening Toner



B.      TREATMENT
Setelah wajah bersih, dilanjutkan dengan perawatan lainnya. Gak neko-neko kok disini. Biasanya setelah Lulu menggunakan moisturizer, langsung dah tuh dilepet-lepet salep buat jerawatnya. Tipis tipis ajah ya, teh. Jangan banyak banyak.
Produk yang dipakai:



Acnes Sealing Jell
Fungsi dari Acnes Sealing Jell ini adalah untuk merawat kulit berjerawat --setidaknya itu yang ditulis di bagian belakang produknya. Yang Lulu rasa setelah menggunakan produk ini adalah jerawatnya lebih cepat mengempis dan mengering. Enggak langsung sehari hilang sih, tapi prosesnya bisa tiga sampai empat hari. Biasanya dalam sehari Lulu oles ini bisa 5-6 kali, olesnya sesuka hati saja kalau mau ya oles, kalau males ya... ga usah.

Acnes Spot Care
Nah, ini biasanya Lulu pakai jika jerawatnya sudah benar-benar kempis. Biasanya acne scar itu kan menghitam, Nah fungsi produk ini adalah untuk mengembalikan warna wajah seperti sedia kala.


C.      WEEKLY TREATMENT
Ini tahap ketiga yang hanya perlu dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Mustika Ratu Masker Bengkoang 


Masker ini Lulu rasa bisa untuk mengeringkan jerawat dan mencerahkan wajah. Produknya berupa cairan, seperti facial wash gitu. Seneng deh pas nemuin produk ini, karena murah dan gak usah ribet campur-campur air lagi. Cara pakainya, cukup tuang produk ke telapak tangan, usapkan produk ke seluruh bagian wajah (kecuali kelopak mata), tunggu hingga kering, basuh dengan air.


Mustika Ratu Peeling Mundisari



note: maaf ya, produknya malah ketinggalan di rumah Cirebon T.T

Banyak yang nanya. Fungsinya peeling itu buat apa si? Harus ya? Kalau engga gimana?

Fungsi dari peeling ini sebenarnya untuk mengangkat sel kulit mati. Jadi, lapisan sel kulit yang dibawah ini bisa terangkat ke permukaan dan melakukan regenerasi. Itu bukan kata Lulu yah, penjelasan ini didapat dari dokter Safitri (praktek di Erha Cirebon) yang membantu menangani wajah Lulu waktu dulu sedang berjerawat parah. Kalau sekarang enggak dateng ke Erha lagi. Kenapa? Mahal. Gak punya duit, hhehe.  

Oya, kembali ke topik, kalau wajah ini tidak di peeling, sel kulit mati akan mengendap di permukaan paling atas kulit kita, nanti jatohnya wajah kita jadi terlihat kusam. Gak mau kan kusam? Oya peeling ini jangan dilakukan setiap hari ya, kalau sedang berjerawat nanti malah bikin iritasi. Ada juga yang bilang kalau berjerawat jangan pakai produk berscrub, tapi peeling ini dapat dilakukan jika jerawat sudah agak mendingan.

Cara pakainya:
1. tuang produknya ke tangan,
2. usap-usap produk ke muka, dengan gerakan lembut ya,
3. basuh dengan air.

Ini cara yang biasa Lulu lakukan. Sebenarnya agak beda dengan petunjuk di produknya. Di produknya, peeling ini didiamkan sebentar sampai agak mengeras di wajah, lalu digosok-gosok seperti sedang luluran di badan. Tapi lulu rasa cara ini membuat wajah perih, jadi I'll stick with my own way :))

 ~~~~~~~~~~

Nah segitu saja jenis jenis produk perawatan yang biasa Lulu pakai kalau wajah sedang berjerawat.  Semoga dapat membantu ya~~
Sampai ketemu lagi di post berikutnya XD